7 Tips Jualan Online : Rahasia Terbesar Tingkatkan Penjualan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6710"> <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

7 Tips Jualan Online : Rahasia Terbesar Tingkatkan Penjualan

Tips Jualan Online – Perkembangan teknologi sudah semakin tidak terbendung, khususnya dalam bidang market atau pasar. Saat ini, dunia bisnis sudah mulai bertransformasi dari yang tadinya offline menjadi bisnis yang serba online.

Bisnis online menjadi primadona baru dikalangan generasi millenial yang identik sebagai generasi melek teknologi. Kemudahan dan besarnya keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis online, membuat banyak orang mulai berbondong-bondong mencoba dan menekuni bisnis ini.

Kemudahan dalam menjalankan bisnis online tidak serta merta dijamin mendatangkan keuntungan yang besar. Seperti halnya sebuah bisnis lainya, menjalankan bisnis online juga dibutuhkan tips dan trik supaya daganganya laris terjual.

Disatu sisi mungkin bisnis online mempunyai keunggulan menjangkau pangsa pasar lebih luas dibandingkan dengan bisnis offline. Dari yang tadinya bisnis offline hanya mampu menjangkau pasar yang rung lingkupnya daerah sekitar, dengan penerapan bisnis online anda bisa menjangkau konsumen lebih luas.

Penggunan teknologi dan internet, membuat bisnis online mampu mempromosikan produknya sampai ke seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia. Bisnis online juga mampu menjembatani komunikasi antara penjual dan pembeli, sehingga membuat kedua belah pihak tidak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi.

Bagi orang awam, mungkin sistem kerja bisnis yang seperti itu sangat efektif dan efisien baik itu dari segi tempat ataupun waktu. Tetapi jika berkaca dari beberapa orang yang sudah menekuni bisnis online, hal itu malah menjadi sisi lain yang bisa menghambat proses penjualan.

Tidak sedikit orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli produk secara online karena faktor keamanan dan kepercayaan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk mempelajari beberapa tips jualan online. Bagi anda yang baru pertama memulai bisnis online, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu konsep dan pengertian bisnis online itu sendiri.

Bisnis Online

ratakan.com

Dilihat dari namanya, bisnis online. Bisnis merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menjual barang atau jasa, dimana barang dan jasa tersebut dijual diatas biaya yang digunakan untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan online adalah istilah yang menunjukan saat anda menggunakan atau terhubung dengan jaringan internet, yang mana jaringan internet tersebut dapat membuat sebuah media menjadi lebih berguna.

Dari istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian dari bisnis online adalah usaha yang dilakukan untuk menjual suatu barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dimana dalam proses tersebut dibutuhkan jaringan internet untuk menghubungkan dan menghasilkan media baru untuk berjulan.

Secara singkatnya, bisnis online lebih dikenal sebagai bisnis yang dilakukan secara online atau adanya peran teknologi dalam proses operasionalnya. Perngertian itu bertolak belakang dengan bisnis offline yang notabenya masih minim atau bahkan belum menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis online itu sendiri semakin populer beriringan dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia. Perlu diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia setiap tahunya semakin meningkat. Hal itu juga didukung dengan tidak adanya lagi batasan dalam penggunaan internet.

Hampir semua masyarakat di Indonesia saat ini sudah bisa terhubung dengan internet. Baik itu masyarakat yang hidup di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Tips Jualan Online

elangmedia.co.id

Jualan online atau bisnis online merupakan usaha untuk menjual sebuah produk kepada konsumen secara online. Itulah pemahaman dasarnya.

Kegiatan menjual produk membutuhkan seni dan kreatifitas yang tinggi dalam menghasilkan tips dan trik guna menarik minat pembeli. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa, menjalankan sebuah bisnis baik itu offline ataupun online tidak semudah membalikan telapak tangan.

Akan berjalan lancar, dan juga tentunya bertahan lama. Banyak bisnis yang awalnya booming tetapi setelah jangka waktu 1 tahun atau bahkan kurang dari itu sudah mengalami penurunan dan hilang seketika termakan peradaban.

Tentunya anda sebagai calon pelaku bisnis online pemula tidak ada niatan sediitpun untuk mengikuti jejak mereka-mereka yang gagal kan?

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang memadai mengenai tips dan trik dalam menjalankan bisnis online. Tips dan trik merupakan sebuah terobosan, solusi dan cara untuk mensiasati bisnis online supaya menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Apabila anda mengenal tips jualan dengan cara offline, seperti halnya mendirikikan toko di tempat yang strategis, mendekati pangsa pasar, melakukan promosi secara masif, serta memberikan diskon harga untuk menarik minat konsumen.

Dalam bisnis online tips jualan juga dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah pendapatan. Sehubungan bisnis ini dijalankan dengan online, yang berarti tidak adanya lapak secra offline untuk menjual produk berarti akan ada sedikit perbedan antara tips jualan dalam bisnis offline dengan tips jualan online.

Lebih lanjutnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Jualan Online di Instagram

1. Kuatkan Niat

kutipkatamu.blogspot.com

Niat menjadi faktor utama sebelum anda menjalankan sesuatu. Kuatkan niat bukan hanya ketika anda akan menjlan bisnis online saja, tetapi hampir disetiap tindakan anda di dunia juga harus dilandasi dengan niat yang kuat.

Niat tersebut diibaratkan sebuah pondasi dan pagar pembatas yang akan menjaga dan mengingatkan anda akan tujuan awal yang telah ditetapkan.

Ketika anda sudah mantap dalam menata niat dilubuk hati yang paling dalam untuk menjalankan bisnis online, hal baik tentunya akan mengiringi anda.

Niat itu akan membawa sikap dan tindakan anda sejalan beriringan dengan apa yang telah diniatkan sebelumnya, yakni menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, tempatkanlah niat pada urutan pertama tips jualan online yang akan anda praktekan setelah ini.

2. Miliki Mindset Bisnis yang Benar

bisnistrends.com

Membangun maindset mungkin sudah sering anda dengar. Karena memang dalam setiap pembahasan mengenai tips jualan online, maindset selalu diikut sertakan di dalamnya. Hal itu dikarenakan, maidset menjadi pondasi utama sebelum menjalankan sebuah bisnis.

Sebagai seorang pelaku usaha, anda harus memiliki maidset atau pola pikir sebagai seorang pengusaha.

Mindset atau pola pikir seorang pengusaha harus disetting tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan saja, tetapi juga harus lebih jauh dari itu. Sebagai seorang pengusaha, tentunya tidak ingin apabila bisnis atau usahanya hanya bertahan sekejap saja, semua pelaku usaha pastinya menginginkan usahanya terus bertahan sampai kapanpun.

Kebanyakan dari sebuah bisnis hanya ramai pembeli diawal peluncuranya saja, setelah 1 tahun bahkan kurang biasnya sudah mulai ditinggalkan pembelinya.

Kenapa demikian?

Berdasarkan analisis dan pendapat beberapa orang, salah satu faktor yang menyebabkan itu terjadi adalah karena pemiliknya terlalu senang mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Keuntungan tersebut bukanya digunakan untuk berinovasi dan mengembangkan bisnisnya tetapi malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

Oleh karena itu, sangat penting memiliki maindset pengusaha, dimana pola pikir tersebut akan mampu menahan diri anda apabila hendak menggunakan keuntungan hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Diharapkan mampu membuka pikiran anda untuk mengembangakan bisnis dan melakukan inovasi dengan dana yang anda peroleh.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

bisnisukm.com

Konsumen merupakan faktor paling penting dalam dunia jual beli. Saking pentingnya, sampai-sampai membuat semua penjual rela melakukan apapun untuk bersaing mendapatkannya. Oleh sebab itu, tidak jarang juga yang mengatakan bahwa konsumen ibarat raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati.

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Apalagi jika bisnis yang anda jalankan merupakan bisnis online.

Bisnis yang berlatar belakang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan proses berjualan. Bisnis yang hanya bermodalkan foto produk untuk bahan pomosi. Dan bisnis yang mau tidak mau membuat konsumen penasaran, karena mereka hanya melihat fotonya tanpa bisa melihat produkya secara langsung.

Menciptakan kepercayaan konsumen menjadi salah satu tips jualan online yang tidak pernah diabaikan, dan harus diprioritaskan.

Sebagus apapun produk yang anda jual, akan menjadi sia-sia apabila tidak mendapatkan kepercayaan dari pihak pembeli.

Semenarik apapun desain produknya, tidak akan menghasilkan keuntungan yang berarti, apabila konsumen tidak mempercayainya.

Dan semurah apapun harga produk yang anda tawarkan, tidak akan membuat konsumen tertarik kecuali karena kepintaran anda dalam meyakinkanya.

Konsumen hanya akan membeli produk apabila mereka telah yakin dengan kredibilitas dari produknya maupun lapaknya.

BACA JUGA !!!

Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Seperti pepatah Jawa yang berbunyi

Sopo wong kang kelangan bondo kuwi ora kelangan opo-opo

Sopo wong kang kelangan nyowo kuwi mung kelangan separo

Sopo wong kang kelangan kepercayaan kuwi kelangan sakabehane

Artinya adalah siapa orang yang kehilangan harta, itu sejatinya tidak kehilangan apapun. Siapa orang yang kehilangan nyawa, itu hanya kehilangan sebagaian. Tetapi apabila orang sudah kehilangan kepercayaan, maka orang tersebut akan kehilangan segalanya.

Oleh karena itu, anda sebagai pelaku usaha, usahakan dari diri sudah menanamkan kepercayaan di hati para konsumenya, supaya nantinya mereka bisa menjadi pelanggan setia anda. Bahkan saking percayanya konsumen terhadap toko anda, akan membuat mereka merekomendasikan toko anda ke orang lain.

4. Memperluas Target Pasar

fastwork.id

Digitalisasi bisa dikatakan sudah menjadi sesuatu yang pasti terjadi dan tidak bisa dihindari. Alih-alih anda menghindari era digitalisasi, yang terjadi malah anda akan semakin terpuruk dan ditinggalkan konsumen.

Perkembangan era digitalisasi sedikit banyak mempengaruhi pergeseran tingkah laku konsumen dalam membeli sebuah produk.

Dari yang tadinya mungkin konsumen akan berbondong-bondong pergi ke pasar hanya untuk mencari dan membeli salah satu produk, saat ini pasar hanya dijadikan sebagai tempat untuk cek barang dan cek harga. Selebihnya mereka akan melakukan pembelian via online, dimana saat ini telah banyak tersedia toko online yang menawarkan poduk yang sama tetapi dengan pelayanan yang lebih baik.

Pembeli cukup melakukan pembelian melalui smartphone, membayar biaya transaksi via transfer, dan produk akan segera diantar ke alamat pembeli tanpa harus repot-repot datang ke pasar.

Itulah dampak digitalisasi yang mampu membuat kemudahan dalam kegiatan jual beli. Hal itu juga bisa anda lakukan dengan cara membuat toko online diberbagai media jualan online yang saat ini sudah marak digunakan.

Media jualan online yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti, Media sosial, Marketplace, Website/Blogger dan Youtube.

Tunggu apalagi, yuk praktekan tips jualan online yang satu ini dengan cara menggunakan berbagai media jualan online yang telah disediakan.

5. Membangun Database

bootup.ai

Membangun database merupakan tips jualan online paling efektif tingkatkan penjualan

Apa itu database?

Database merupakan kumpulan data diri orang-orang yang pernah berinteraksi dengan anda, baik itu sekedar tanya-tanya ataupun ada yang sudah sampai tahap pembelian. Database bisa berisi nama, alamat, nomor hp, email, jenis kelamin dll.

Taukah anda, siapa yang saat ini diyakini sebagai orang yang paling berbahaya di dunia?

Jawabnya adalah Mark Zuckerberg. Sebagai pendiri sekaligus CEO Facebook, ia dianggap sebagai orang yang paling berbahaya di dunia dikarenakan ia memiliki database terbesar di dunia. Sekitar 5 milliar database ia miliki, berarti sejumlah 5 milliar data diri orang dari seluruh dunia yang berupa nama, alamat, nomor telefon, email dan ia miliki.

Coba anda bayangkan, apabila database tersebut digunakan untuk menyebar hoaks, sudah dipastikan semua orang diseluruh dunia dengan cepat akan termakan hoaks tersebut.

Sebagai seorang pengusaha, database dapat dialih fungsikan sebagai media untuk meningkatkan penjualan produk. Anda bisa memanfatkan database pelanggan yang sudah anda kumpulkan selama menjalankan bisnis untuk media promosi dan follow up konsumen.

Pada era digitalisai saat ini, proses follow up konsumen yang ada di database juga terbilang sangat mudah dan efektif. Anda tidak perlu lagi mengirim pesan satu-satu kepada setiap kontak database anda. Anda cukup menggunakan tools marketing seperti WA SENDER PRO untuk memudahkan dalam mengirim pesan ke ribuan kontak secara otomatis.

Bagi anda yang selama ini menganggap database konsumen tidak penting, hanya sekedar sampah belaka, mulailah dari saat ini memanfaatkan database konsumen untuk mempromosikan ulang produk anda.

6. Sabar dan Tekun

republika.co.id

Sabar dan tekun menjadi tips jualan online yang selanjutnya. Kebanyakan pelaku bisnis online tidak berkembang dikarenakan kurangnya kesabaran dan ketekunan dalam membangun sebuah bisnis.

Sekarang promosi, hari ini juga harus mendapatkan banyak pembeli, itulah harapan dari seluruh pelaku usaha. Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa, tidak semudah itu untuk mendatangkan pembeli, tidak selalu anda posting hari ini, dan hari ini juga postingan anda didatangi pembeli. Terkadang membutuhkan waktu satu atau 2 hari selanjutnya, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

Semua jenis bisnis tidak ada yang instan. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam melakukan promosi dan mendatangkan konsumen.

Jangan sampai, ketika produk anda belum laku-laku, anda langsung putus asa dan meninggalkan bisnis tersebut. Analisislah terlebih dahulu sebab kenapa bisnis anda sepi dan jarang pembeli. Bisa menganalisis dari cara promosinya, media promosinya atau bahkan dari cara anda melayani konsumen yang kurang begitu bagus.

Intinya, menjalankan apapun, baik itu bisnis ataupun kegiatan lain harus didasari dengan kesabaran dan ketekunan. Tuhan juga pastinya tidak akan menutup mata terhadap kerja keras yang telah dilakukan oleh hambanya.

7. Promosi Menggunakan Vidio

bkpsdm.pringsewukab.go.id

Dewasa ini, promosi produk dengan menggunakan teks dan foto sudah tidak efektif untuk menarik minat pembeli. Trend promosi saat ini sudah mulai berubah dari foto ke media vidio, contoh saja youtube. Youtube saat ini menduduki peringkat pertama pengguna media sosial terbanyak di dunia.

Hal itu mampu membuktikan bahwa generasi saat ini, lebih berminat untuk melihat vidio dari pada foto, apalagi untuk membaca. Indonesia sendiri termasuk dari salah satu negara dengan minat baca terendah di dunia.

Untuk itu, sangat tidak efektif lagi apabila anda melakukan promosi menggunakan teks dan didampingi dengan foto. Alangkah baiknya anda mulai beralih untuk menggunakan vidio dengan sesekali disisipi teks sebagai keterangan tambahan.

Promosi menggunakan vidio juga akan sangat memudahkan anda dalam mendeskripsikan produk dan menampilkanya secara detail.

Tunggu apalagi, yuk segera beralih dengan menggunakan vidio dalam proses promosinya. Anda bisa menggunakan aplikasi kinemaster untuk proses pembuatan vidio dengan mudah.

Itulah beberapa tips jualan online supaya meningkatkan pendapatan anda dalam waktu kurang dari satu bulan. Segera praktekan kak, karena ilmu akan lebih bermanfaat apabila tidak hanya diketahui tetapi juga bisa dipraktekan.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Peluang Bisnis Online Terbaru Tanpa Stok Barang

Jenis-Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *