5+ Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7206"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star-o mr-star-empty"></i> <i class="fa fa-star-o mr-star-empty"></i> </span><span class="star-result"> 3/5</span> <span class="count"> (1) </span> </span>

5+ Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen

Cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen tentunya menjadi sebuah ilmu yang wajib dimiliki oleh seluruh pelaku usaha. Pelayanan menjadi dasar pijakan untuk meningkatkan tingkat penjualan pada setiap perusahaan. Baik itu perusahaan yang bergerak dalam bisnis konvensional (offline), maupun perusahaan yang bergerak dalam bisnis online.

Memberikan pelayanan kepada konsumen bisa diartikan sebagai upaya yang dilakukan perusahaan untuk menjawab dan memenuhi ekspetasi konsumen sesuai dengan apa yang telah diberikan kepada perusahaan. Konsumen telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan berupa tindakan membeli produk yang telah ditawarkan perusahaan kepadanya.

Oleh karena itu, untuk menjawab dan merespon apa yang telah diberikan konsumen tersebut, perusahaan mencoba memberikan pelayanan. Pelayanan itu berupa jasa, seperti menjawab pertanyaan, melayani keluhan, memenuhi kebutuhan konsumen dan sebagainya, yang pasti pada akhirnya dapat menimbulkan kepuasan.

Semua pelaku usaha tentunya sangat tahu bahwa membuat konsumen merasa puas dan memberikan pengalaman positif kepada mereka menjadi hal yang wajib. Maka dari itu, tidak heran jika ada perusahaan yang memposisikan kegiatan pelayanan diurutan pertama dalam hierarki kegiatan perusahaan.

Setelah sistem pelayanan dianggap memenuhi standar pada umumnya, baru perusahaan akan sedikit merubah fokusnya untuk memperbaiki sistem kerja yang lainnya.

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa sih kegiatan pelayanan menjadi hal yang sangat vital dan penting dalam keberlangsungan perusahaan?

Baiklah, sebelum mempelajari bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, mungkin lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu latar belakang yang menyebabkan kualitas pelayanan menjadi penting.

Pentingnya Meningkatkan Kualitas Pelayanan

entrepreneurcamp.id

Seberapa penting sih meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen? kenapa sampai membuat setiap perusahaan melakukan segala cara untuk menghasilkan pelayanan yang maksimal.

Sebelumnya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Setidaknya ada 5 kegiatan yang dilakukan perusahaan. Yakni, mempromosikan, melayani, memproduksi, menjual, serta mengirimkan (apabila produk tersebut perlu dikirim).

Kelima kegiatan tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainya. Perusahaan membutuhkan promosi untuk mendatangkan konsumen dan menjual produk. Promosi tersebut tidak akan ada gunanya apabila dalam proses pelayanan kepada calon konsumen tidak maksimal, yang ada konsumen bukanya membeli tapi malah kabur. Kegiatan produksi dan pengiriman hanya akan berlangsung ketika konsumen memutuskan untuk membeli produk.

Kegiatan penjualan itu juga hanya akan terjadi ketika konsumen percaya terhadap perusahaan anda. Sedangkan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen, kuncinya adalah pada saat kegiatan pelayanan.

Coba anda bayangkan, apabila proses pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tidak sesuai harapan dan ekspetasi dari pembeli, tentunya kegiatan promosi juga akan sia-sia, dan ke 3 kegiatan lainya juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Kegiatan pelayanan juga bukan hanya penting dilakukan ketika hendak menjual produk saja, akan tetapi penting juga untuk dilakukan setelah proses jual beli itu selesai.

Harapanya adalah, pembeli yang telah mendapatkan pelayanan terbaik, akan ketagihan untuk kembali belanja di perusahaan itu, dan lebih jauhnya lagi, pembeli akan merekomendasikan kepada teman-temanya untuk belanja di perusahaan tersebut.

Ketika anda sudah berhasil membuat pembeli berada pada tahapan merekomendasikan kepada orang lain untuk belanja di perusahaan atau toko anda, kegiatan promosi akan lebih mudah. Perusahaan atau toko anda akan secara otomatis dibantu proses promosinya oleh konsumen anda.

Yang perlu anda ketahui adalah, proses promosi yang dilakukan konsumen anda tersebut, atau dalam bahasa ekonominya lebih dikenal dengan promosi dari mulut kemulut akan lebih efektif meningkatkan penjualan dibandingkan jenis promosi lainya.

Indikator Pelayanan yang Berkualitas

lenterabisnis.com

Bagaimana, sekarang sudah lebih faham kan seberapa pentingnya kegiatan pelayanan terhadap konsumen?

Dari penjelasan di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan sangatlah penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan. Ketika pelayanan yang diberikan mampu membuat konsumen puas dan loyal, imbanya adalah mampu mendongkrak penjualan perusahaan tersebut.

Lalu apa saja sih yang dapat dijadikan indikator sebuah pelayanan bisa dianggap berkualitas?

Kualitas SDM

Indikator yang pertama adalah melihat dari kualitas SDM yang bertugas memberikan pelayanan. Sebuah pelayanan tidak bisa dilepaskan dari peran manusia di dalamnya. Dikarenakan di sini yang menerima pelayanan adalah manusia, tentunya yang memberikan pelayanan juga harus manusia.

Langkah pertama untuk melihat SDM tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan melihat dari latar belakang pendidikanya. Apakah dia berasal dari pendidikan yang memang sesuai dengan tugas yang dilaksanakan atau tidak. Langkah yang kedua yakni dengan melihat kinerjanya secara langsung, apakah dalam memberikan pelayanan dia mampu memberikan semua yang dibutuhkan oleh konsumen atau tidak.

Apabila perusahaan tersebut bergerak di bisnis online, kualitas SDM atau Admin bisa dinilai dari kecepatan respon dalam membalas Chating, kesigapan SDM dalam mengatasi persoalan konsumen dll.

Penggunaan media perantara antara pemberi pelayanan dan penerima pelayanan menjadi kendala tersendiri dalam proses pelayanan. Masalah yang sering dihadapi adalah keterlambatan respon dari SDM atau admin.

Oleh karena itu, salah satu indikator untuk menganggap bahwa pelayanan tersebut berkualitas adalah dengan melihat kecepatan respon dari pemberi pelayanan.

Menanyakan Secara Langsung Kepada Konsumen

Menanyakan Secara Langsung Kepada konsumen dapat menjadi indikator dalam menilai apakah sebuah pelayanan dapat dikatakan berkualitas ataukah tidak. Pelanggan yang memang menjadi tokoh utama penerima layanan dari perusahaan tentunya lebih bisa menilai sebuah pelayanan berkualitas atau tidak.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menyediakan kotak saran dan sejenisnya sebagai tempat untuk menaruh penilaian dari konsumen. Jadi sistem kerjanya adalah, ketika konsumen selesai melakukan transaksi penjualan, dia langsung diberikan sebuah pin atau sejenisnya yang dapat menunjukan rasa puas tidaknya konsumen itu. Dengan pin tersebut, mereka bisa menentukan penilaian sesuka hati tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun.

Jika perusahaan itu bergerak dalam bisnis online, biasanya cara untuk mengetahui pendapat konsumen akan pelayanan yang telah diberikan yakni dengan menggunakan media online. Seperti memberikan penilaian bintang di website resmi perusahaan, atau bisa juga memberikan review dikolom komentar yang telah disediakan.

Dari tindakan tersebut, perusahaan bisa mengetahui seberapa baik tingkat pelayanan yang telah diberikan. Apabila pelayanan masih dianggap berada di bawah standar yang telah ditentukan, maka perusahaan perlu melakukan evaluasi.

Melihat Imbas dari Pelayanan yang Diberikan

Untuk mengetahui bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, terlebih dahulu yang harus anda ketahui adalah hal apa saja yang menjadi indikator dalam penilaian baik buruknya kualitas pelayanan. Indikator yang dirasa paling objektif dalam memberikan penilaian terhadap sebuah proses pelayanan adalah imbas dari pelayanan itu sendiri.

Apakah setelah diberi pelayanan, konsumen masih mau belanja di perusahaan itu lagi, atau malah berpindah ke perusahaan lain?

Melihat dari hasil fenomena tersebut, tentunya akan sangat mudah untuk menyimpulkan. Ketika konsumen tetap setiap dengan perusahaan itu, sudah hal pasti pelayanan yang diberikan masuk dalam kategori berkualitas. Akan tetapi, jika konsumen berpindah ke pesaing, sudah hal pasti juga bisa dikatakan bahwa mereka tidak menerima pelayanan sebagaimana mestinya.

Kekurangan dari cara penilaian ini hanya satu, yakni harus menunggu terlebih dahulu fenomena yang terjadi pada konsumen. Sehingga perusahaan tidak bisa langsung mengevalusi kualitas pelayanan yang dianggap kurang. Perusahaan hanya bisa melakukan evaluasi ketika konsumen sudah berpindah ke pesaing.

Bukankah itu sebuah kerugian?

Yang mana seharusnya, perusahaan lebih bisa mempertahankan konsumenya walaupun itu satu orang. Karena dari satu orang konsumem, bisa memunculkan konsumen-konsumen baru lainya.

Baiklah, berhubung anda sudah mengetahui tentang pentingnya pelayanan dan hal apa saja yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan. Sekarang saatnya anda mempelajari cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Bagaimana Cara Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Konsumen?

rizkyzone.com

Sampai detik ini, apa saja tindakan yang sudah anda lakukan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen?. Apakah dengan memanjakan konsumen? menuruti semua keinginan konsumen? menanggapi semua pertanyaan dari konsumen? atau dengan cara yang lain?.

Semua cara tersebut tidak ada salahnya untuk anda lakukan, karena memang sudah menjadi keharusan bagi perusahaan yang ingin berkembang untuk menjadikan konsumen sebagai raja.

Dalam mencapai tujuan membuat konsumen serasa menjadi raja, anda perlu mengetahui bagaimana cara memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. Disamping yang sudah anda ketahui dan praktekan hingga saat ini.

Berikut beberapa cara memberi pelayanan terbaik kepada konsumen yang perlu anda ketahui dan jalankan nantinya.

Memberikan Respon yang Cepat

Kecepatan atau kesigapan dalam memberikan respon terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen menjadi kunci pertama untuk dapat memberikan pelayanan terbaik. Saya dan anda tentunya sudah sedikit banyak mengetahui karakter dan keinginan konsumen, yakni selalu ingin diutamakan dan dikedepankan. Hampir semua konsumen menginginkan untuk mendapatkan pelayanan yang cepat.

Karakter tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Latar belakang konsumen yang memiliki kesibukan masing-masing diluar kepentingan dengan perusahaan anda, membuat mereka sangat mengidamkan pelayanan yang cepat.

Anda sebagai pemilik perusahaan yang telah diberikan kepercayaan oleh konsumen, harus tanggap dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Berikanlah respon dan tindakan yang baik untuk menyelesaikan kepentingan anda dan konsumen anda secara cepat.

Apabila dalam konteks bisnis online, berarti untuk mengaplikasikan pemberian respon yang cepat adalah ketika menanggapi chating atau pesan online dari konsumen.

Respon yang cepat dalam membalas pesan dari konsumen akan mengantisipasi konsumen beralih ke pesaing anda. Dengan diberikan respon yang cepat, konsumen akan merasa dirinya dihargai dan dihormati sesuai dengan apa yang menjadi ekspetasinya.

Mengakomodasi Kebutuhan Konsumen

Salah satu latar belakang yang membuat anda harus memberikan pelayanan kepada konsumen adalah kebutuhan dari konsumen itu sendiri akan suatu hal. Anda sebagai pihak pelayan, sudah sepantasnya memberikan dan mengakomodasi apa saja yang menjadi kebutuhan dari konsumen anda.

Misalnya mereka membutuhkan contoh produk dan deskripsi produk yang menunjukan keunggulan dan kelemahan dari produk anda, iya, sudah selayaknya anda memberikan itu semua.

Atau contoh lain seperti, ketika mereka membutuhkan saran dan masukan mengenai produk mana yang sebenarnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Maka anda harus jeli dan bijak dalam memberikan saran produk, jangan lupa juga dilengkapi dengan penjelasan yang mengandung alasan kenapa anda merekomendasikan produk tersebut.

Ketika saran dan penjelasan anda dianggap bagus dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen, sudah hal pasti konsumen akan merasa puas dan terlayani dengan baik.

Oleh karena itu, mengakomodasi kebutuhan konsumen menjadi salah satu cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Hindari Mengabaikan Konsumen

Tindakan mengabaikan konsumen sering kali ditemukan ketika apa yang menjadi kebutuhan konsumen tidak tersedia di perusahaan. Atau bisa juga ketika konsumen tersebut terindikasi hanya sekedar tanya-tanya tentang produk tetapi tidak berniat untuk membelinya dengan alasan apapun itu.

Sikap adil perlu anda tanamkan ketika memberikan pelayanan kepada konsumen. Ketika anda bersikap baik kepada konsumen yang sekiranya akan membeli produk anda, anda juga seharusnya bisa adil kepada konsumen yang sebaliknya.

Sikap adil yang anda berikan itu bisa menimbulkan citra baik di mata setiap orang yang mengunjungi toko anda. Walaupun mungkin orang yang anda beri pelayanan tidak berniat membeli pada hari itu, tetap saja ada kemungkinan mereka akan membeli produk anda dikemudian hari. Bahkan bisa jadi mereka akan merekomendasikan toko anda ke teman-temanya.

Coba bayangkan apabila anda tidak melayani konsumenyang tidak membeli pada hari itu dengan cara yang baik, sudah pasti mereka tidak akan berniat untuk membeli di toko anda baik sekarang maupun diaktu yang akan datang.

Kejadian itu tentunya tidak anda inginkan bukan?

Oleh karena itu, menghindari melakukan tindakan mengabaikan konsumen menjadi salah satu cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Mengkondisikan Suasana Nyaman

Suasana yang nyaman sedikit banyak mampu membuat hati konsumen lebih tenang dan releks. Suasana yang demikian itu, sangat mendukung untuk proses pemantapan di hati konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian.

Kenyamanan yang anda berikan juga dapat berperan untuk menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap produk yang anda tawarkan.

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengkondisikan suasana yang nyaman. Seperti dengan bersikap sopan kepada konsumen, interaktif, murah senyum, tidak judes, serta mampu memahami keinginan dari konsumen itu sendiri.

Tindakan tersebut dapat direalisasikan ketika suasana hati dari pemberi layanan juga sedang bagus. Oleh karena itu, sebagai pemberi pelayanan, usahakan untuk tetap bersikap rileks, tidak mudah emosi, serta mampu mengkontrol dan mengkondisikan diri sebagaimana seharusnya dia lakukan.

Pahami Psikologi Konsumen

Latar belakang psikologi konsumen yang berbeda antara satu dengan lainya, membuat proses pelayanan sedikit lebih rumit. Ada kalanya menemukan konsumen yang dia lebih suka diperhatikan dan ditanya-tanya. Tetapi ada kalanya juga menemukan konsumen yang dia lebih suka dibiarkan untuk leluasa memilih produk, dan akan merasa risih apabila terlalu di perhatikan.

Melihat kondisi yang memang tidak bisa diuniversalkan itu, anda sebagai pemberi pelayanan harus sigap untuk mengetahui karakter masing-masing pembeli. Sehingga nantinya, sikap dan langkah yang anda ambil juga tepat, tidak membuat konsumen merasa kurang nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Bagaimana? apakah artikel ini membantu menjawab pertanyaan anda?

Saya selaku penulis, akan sangat merasa tersanjung apabila tulisan dalam artikel ini mampu bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Jika tulisan ini dianggap membantu, silahkan bisa anda kembangkan sendiri dengan cara menerapkan apa yang telah saya sampaikan di atas, dalam proses pelayanan konsumen di perusahaan anda.

Selamat mencoba !!!

BACA JUGA !!!

Cara Menyusun Perencanaan Bisnis Online Terbaik

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Promosi Paling Efektif

Tips jualan Online : Rahasia Tingkatkan Penjualan

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *